Bahan pokok yang sering naik turun harga


Harga bahan pokok yang sering naik turun

Berikut ini adalah harga sembako yang sering naik turun, diantaranya adalah.
1. Beras – merupakan bahan pokok yang sering naik turun, biasanya banyak hal yang menyebabkan beras menjadi mahal dan langka, juga terkadang turun dan berlimpah. Sepengetahuan saya, ada yang karena petani gagal panen, sawahnya kebanjiran atau kena hama sehingga hasil padinya sedikit yang bisa dijual akibatnya harga pasarpun akan melambung. Ada juga permintaan beras meningkat sedang jumlah beras petani yang menghasilkan beras tidak mencukupi kebutuhan semua rakyat se indonesia. Ketiga karena ulah beberapa oknum yang menimbun beras sampai beras di pasar menjadi langka sehingga bisa seenaknya menaikkan harga. Kemudian ada juga karena pemerintah memberikan kebebasan beras import masuk secara besar-besaran dan jauh lebih murah sehingga harga beras dalam negeri perlahan akan menghilang karena tak bisa bersaing dengan beras import.
2. Telur—biasanya karena pakan ternak ayam yang naik maka harga telur akan naik. Adajuga karena hama penyakit sehingga telur tidak menghasilkan telur yang banyak dan baik. Ada lagi karena jumlah permintaan yang banyak sedang para peternak tak sanggup memenuhinya.
3. Minyak—biasanya karena cuaca yang sering hujan sehingga minyak akan berubah menjadi mengental dan tidak bening kemungkinan pembeli akan beralih ke minyak kemasan dan minyak curahpun akan menjadi turun harganya. Ada juga karena minyak kemasan yang sangat mahal, maka masyarakat berpindah ke minyak curah karena jauh lebih murah.
4. Gula—bisanya karena cuaca dan penerimaan barang yang terlambat akan menyebabkan harganya melambung mahal.
Pada saat tertentu seperti pada saat lebaran, hari raya, dan tahun baru harga bahan-bahan pokok tersebut akan melambung mahal. Ada baiknya bila menjelang hari tersebut anda sudah menyetok beberapa keperluan pokok diatas.Sisanya bisa anda beli pada hari hari tersebut, hal ini menghindari kenaikan harga saat hari H, dan setelah lebaran dimana akan tak banyak toko yang buka dan akan terjadi libur cukup panjang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s