resensi buku


Resensi Buku

Judul       : Strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor

Penulis    : Darmansyah,S.T.,M.Pd.

Penerbit  : Bumi Aksara,Jakarta

Cetakan  : Pertama,2010

Tebal       : 204 halaman

Silakan tertawa di kelas

Oleh :Endah P lestari

                Tahukah anda apa yang menjadikan acara komedi Opera van java(OVJ) disukai banyak orang dan ditunggu penayanganya di televisi?Tak lain adalah banyolan pelawaknya yang bisa membuat orang tertawa,merasa terhibur,dan senang.Mereka memang memiliki sense of humor yang tinggi,sehingga mampu menghilangkan perasaan bosan,jenuh,setelah lama berkutat dengan aktivitas di siang hari.Lalu Apa jadinya bila metode melawak seperti itu digunakan di dalam kelas demi menghilangkan kejenuhan para siswa dan memotivasi siswa dalam belajar?

Membuat pembelajaran di kelas menjadi menarik,dimana siswa  menjadikan pembelajaran dikelas adalah sesuatu yang dinanti-nanti memang bukan perkara mudah.Terlebih pelajaran yang tidak disukai sebagian besar siswa seperti matematika dan pelajaran kelompok MIPA lainnya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.Mereka seolah tak ada waktu untuk merelaksasikan otak mereka,dan kelaspun menjadi sepi, jauh dari keriangan dan tawa.Ditambah,guru yang mengajar hadir dengan muka terlampau serius,tegang,dan ditakuti siswanya.Tentu,hal ini akan semakin memperburuk minat siswa terhadap pelajaran tersebut.Alhasil,akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Dan buku ini hadir dengan memberikan alternatif strategi pembelajaran yang lain dari yang lain.Yaitu dengan menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dimana materi pelajaran yang tidak disukai siswa akan dengan mudah dipahami juga dapat menghilangkan jarak antara guru dengan siswa.Pembelajaran menyenangkan dapat diciptakan dengan interaksi dan komunikasi dengan siswa.Ada saat dimana siswa terlihat jenuh,bosan,mengantuk dan berbicara dengan teman lain atau tidak memperhatikan pelajaran.Maka pada saat itulah peran guru dibutuhkan,hanya sedikit usaha untuk menarik perhatian mereka kembali.Salah satu cara dengan humor.

Penggunaan humor didalam kelas bukan lantas secara penuh digunakan selama pelajaran,guru hanya perlu menyisipi humor diwaktu yang tepat.Guru juga tak usah bergaya seperti pelawak OVJ untuk menarik perhatian siswaJenis-jenis humor yang digunakan sudah tentu berbeda dengan humor yang biasa dilawakan oleh para pelawak OVJ yang suka mencemooh sesama teman.Sebagai contoh,Guru bisa menceritakan cerita lucu,kejadian aneh,atau memperlihatkan karikatur lucu.Sisipan humor dikelas dapat dijadikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah kebosanan di kelas.

Penggunaan humor di dalam kelas memang belum dilirik oleh para guru maupun dosen sebagai modalitas interaksi yang memiliki potensi besar untuk memperkaya keharmonisan dengan siswa.Terkadang humor masih dianggap sebagai perusak suasana’serius’yang sedang dijalani peserta didik dikelas,sehingga guru enggan memasukkannya kedalam interaksinya.Bahkan ada yang berpendapat bahwa humor akan menurunkan kewibawaan guru di hadapan siswanya.

Padahal,Selain dapat meningkatkan hubungan siswa dengan guru.Humor juga dapat membuat percaya diri dan mengurangi gelisah siswa.Dampaknya,siswa dapat dengan berani bertanya mengenai kesulitan persoalan dengan gurunya.Pendapat lain menyatakan humor  dapat mengurangi stress siswa,mengurangi jarak secara psikologis antara guru dengan siswa,juga meningkatkan kreativitas dan motivasi.

Isi buku

            Penulis buku ini menyajikan enam bab di dalam bukunya.

Pada bab pertama,berisi pendahuluan yang melatar belakangi ketidaksukaan siswa dan apa yang dapat membuat siswa menyukai mata pelajaran.Guru merupakan komponen penting dalam penyampaian materi di kelas,sehingga bila guru menghadirkan situasi yang bersahabat,menghibur,maka mereka akan senang,dan nyaman.Kenyamanan itulah yang akan membuat otak menerima informasi dalam jangka pendek dan panjang.Begitupun jika sebaliknya,apalagi mereka merasa tidak nyaman maka mereka akan menunjukkan gelagat seperti mengantuk,berbicara sendir,dan bersorak-sorai bila guru tidak hadir dikelas.

Pada bab kedua,disajikan bagaimana strategi pembelajaran yang menyenangkan dilakukan.Bagaimana cara mengorganisasi pelajaran sehingga menarik,dan terciptalah kondisi yang kondusif untuk belajar.

Pada bab ketiga,dijelaskan  manfaat penggunaan humor di ruang kelas.Meski di negara kita belum banyak yang menulis tentang pentingnya pengguanaan humor di kelas akan tetapi sejumlah pakar dari luar negeri telah meneliti penggunaan humor dikelas dan keberhasilan belajar anak.

Dan,di bab keempat dijelaskan teori-teori humor,kajian empiris yang dapat mendukung penggunaan humor di ruang kelas.

Pada bab kelima,ditunjukkan jenis-jenis humor seperti apa yang digunakan dalam pembelajaran.Memang tak semua guru memilki sifat humoris sehingga kesulitan menggunakan humor apa yang tepat,maka pada bab ini guru dapat merancang humor yang pas untuk siswa(planned humor).Pada bab ini diberikan pula contoh alternatif humor yang bisa digunakan dalam pembelajaran.

Pada bab terakhir disajikan kapan waktu terbaik dan teknik apa yang tepat untuk mengunakan humor sehingga dapat efektif .          Humor bukan dirancang terus-menerus akan tetapi dirancang secara bersinergis dengan pembelajaran sehingga dapat menghidari situasi gaduh dalam kelas.Dan waktu yang tepat  adalah saat pertemuan awal,saat jeda strategis atau  saat akhir sesi pembelajaran.

Penulisan buku

Buku ini hadir memberikan kontribusi didalam dunia pendidikan,mengenai alternatif strategi  belajar yang dapat membantu  pendidik dan calon pendidik bagaimana menyampaikan materi ajar yang disukai siswa.Bagaimana membangun sebuah suasana yang menyenangkan bagi siswa dikelas agar pembelajaran berjalan dengan menyenagkan dan penuh  semangat.Buku ini juga dapat dijadikan referensi tambahan dan sangat cocok dibaca oleh para guru,dosen,dan calon mahasiswa yang berniat menjadi guru untuk memberikan perkuliahan atau pengajaran di dalam kelas.

Secara keseluruhan apa yang ada dalam buku ini,adalah memberikan pilihan bagi para guru dalam mengatasi masalah yang terjadi didalam kelas.Buku yang sebagian materinya disarikan dari hasil penelitian dan tesis penulisnya ini juga dilengkapi gambar ilustrasi menarik tentang contoh humor yamg dapat diberikan oleh guru sehingga dapat dengan mudah dipraktekkan didalam kelas.

Beberapa kekurangan masih terdapat dibuku ini,misalnya saja contoh humor yang diberikan relatif sudah kuno tidak berkembang dan  masih kedaerahan.Penyesuaian humor dengan kondisi dan budaya setempat memang akan membuat humor lebih menarik.Terlepas dari itu,buku ini menambah khasanah alternatif pembelajaran menyenagkan dikelas dan ide yang baik mewujudkan keberhasilan belajar siswa.Kapan lagi bisa tertawa dikelas?

2 thoughts on “resensi buku

  1. jimmy Februari 12, 2012 / 10:24 am

    saya sangat suka dengan humor/atau seroang humoris karna dengan adanya itu pikiran saya akan senang dan cepat tangkap apa yang akan dikatakan orang tua/guru2 saya.

    • literaryku Februari 16, 2012 / 4:20 pm

      iya, betul. Pembelajaran dengan humor bikin siswa betah di kelas, yang terpenting mereka bisa rasa nyaman saat belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s